Arief Rahman Hakim-Fatmawati 02.037-02.038 SMA Negeri 5 Singkawang

Thursday, 18 April 2013


          Generasi muda adalah generasi penerus pemimpin bangsa, generasi yang akan menentukan bangsa ini kelak. Baik buruknya bangsa ini tergantung generasi mudanya. Maka Perlu kiranya pembinaan generasi muda sejak dini karena jika tidak akan sangat berbahaya untuk masa depan bangsa yang kita cintai ini.
      Dewasa ini banyak generasi muda Indonesia terjerumus dalam hal-hal yang negatif yang akan merusak watak dan pikiran mereka. Lumrah rasanya penyalahgunaan narkoba, seks bebas, tauran dan penyalahgunaan kemajuan teknologi pada kaum muda membuat ini sebagai pokok permasalahan di tengah-tengah masyarakat.
             Dalam menyikapi hal diatas, organisasi Gerakan Pramuka sebagai organisasi pembinaan kepanduan satu-satunya di Indonesia mempunyai tanggungjawab untuk ikut serta memikirkan dan mendapatkan jalan keluar dari permasalahan tersebut yaitu dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang positif tetapi tetap menantang, menarik, dan mendidik generasi muda serta sesuai dengan keadaan zaman.
           Gerakan Pramuka adalah pendidikan non formal yang dilakukan dalam bentuk kegiatan yang menarik di kalangan anak dan pemuda, yang pada hakikatnya merupakan kegiatan dari mereka dan dipimpin oleh mereka sendiri dengan pengawasan dan tanggung jawab orang dewasa atau para Pembina Pramuka.
           Kepramukaan sebagaimana tercantum dalam Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka (bab II Pasal 7) adalah proses pendidikan diluar lingkungan sekolah dan diluar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan (PDK) dan metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti luhur.
           Kepramukaan ini dicetuskan pertama kali oleh Robert Stephenson Smyth Baden Powell dan Willian Alexander Smith pada tahun 1907 ketika mengadakan perkemahan kepanduan, kemudian di Kepulauan Brownsea, Inggris. Kepramukaan kemudian berkembangnya ke seluruh penjuru dunia termasuk ke Indonesia.

No comments:

Post a Comment